Capaian Peningkatan Mutu RSUD Patut Patuh Patju 2019

Posted on Dec. 20, 2019

 Mengacu pada isu strategis yang dihadapi oleh Kabupaten Lombok Barat dalam rangka pembangunan kesehatan, maka RSUD Patut Patuh Patju sebagai salah satu aparat Pemerintah telah menuangkan arah kebijakan strategis yang akan ditempuh untuk turut serta dalam mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014 sampai dengan 2019.

 Adapun salah satu tujuan RPJMD Kabupaten Lombok Barat yang telah ditetapkan adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang sehat dengan pencapaian sasaran terwujudnya masyarakat yang sehat.  

RSUD Patut Patuh Patju sebagai salah satu Instansi Pemerintah kemudian menjabarkan RPJMD Kabupaten Lombok Barat tahun 2014-2019 kedalam rencana strategis bisnis RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat. Dalam rencana strategis bisnis RSUD  Patut  Patuh Patju tahun 2014-2019 tertuang visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan dasarRumah Sakit.

Sesuai dengan Visi Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat yaitu menjadi rumah sakit yang bermutu dan terpercaya, serta misi PERTAMA yaitu  memberikan pelayanan yang BERMUTU dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan sesuai standar yang berlaku untuk mencapai kepuasan pelanggan. Untuk itu RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat melakukan kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang sesuai dengan Standar Akreditasi.

 Upaya pengukuran dan perbaikan atau peningkatan mutu yang mempengaruhi atau mencerminkan aktivitas yang terdapat diberbagai unit pelayanan termasuk pengukuran dan aktivitas yang berhubungan dengan kepatuhan penuh terhadap sasaran keselamatan pasien.

Latar belakang pemilihan program di RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat adalah :

 1.     Sejalan dengan visi dan misi rumah sakit yaitu :

 2.     Adanya berbagai macam permasalahan diantaranya : komplain dari pasien/masyarakat tentang pelayanan, capaian indicator mutu yang masih belum mencapai target dan adanya laporan insiden keselamatan pasien yang perlu dilakukan tindak lanjut.

 3.     Sistem dan proses penerapan pelayanan yang masih bervariasi dan belum terstandarisasi sehingga hasil pelayanan pun jadi bervariasi.

 4.     Adanya perbaikan dan dampak efisiensi dari suatu pelayanan klinis yang kompleks sehingga berefek pada kendali mutu dan biaya.

 5.     Dampak perbaikan dari sebuah sistem sehingga efek dari perbaikan dirasakan diseluruh unit yang ada di rumah sakit

Berdasarkan latar belakang diatas maka Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat memilih program priotitas dengan topik : “ Peningkatan Mutu Manajemen Obat di Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat”.

Kegiatan Peningkatan mutu dan Keselamatan Pasien dilakukan diseluruh unit kerja yang ada di RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat.  Kegiatan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dilakukan sebagai salah satu alat untuk mengukur kinerja pelayanan RS, dan sebagai manajemen kontrol untuk mendukung pengambilan keputusan.

Berikut grafik Peningkatan Mutu RSUD Patut Patuh Patju Kab. Lombok Barat Tahun 2019:

kepatuhan penggunaan formularium nasional

Grafik Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional

 

Rerata Hasil Tes keritis

Grafik Rerata Lapor Hasil Tes Keritis

 

Tanggap Pelayanan IGD

Grafik Rerata Waktu Tanggap Pelayanan IGD (Menit)

 

kepatuhan cuci tangan

Grafik Kepatuhan Cuci Tangan

 

Kepatuhan Identifikasi Pasien

Grafik Kepatuhan Identifikasi Pasien

Form Konsultasi Kesehatan

Ajukan permasalahan dan pertanyaan tentang kesehatan anda pada kami

Data Kunjungan Pasien [Errno 113] No route to host

Klinik Hari Ini Tutup timed out